Dalam proses dan hasil belajar seorang guru akan selalu diperhadapkan dengan berbagai istilah evaluasi, penilaian, pengukuran dan tes. Istilah tersebut kadang membuat guru bingung dikarenakan kurangnya guru mempersepsikan evaluasi, penilaian, pengukuran dan tes sebangai suatu yang sama padahal makna dari keempat istilah tersebut sebenarnya berbeda. Tes merupakan instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, tes tersebut bisa berbentuk tes objektif seperti pilihan ganda. Pengukuran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur suatu objek. Penilaian adalah suatu proses yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengukur informasi tentang proses dan hasil belajar siswa dalam rangka membuat keputusan- keputusan berdasarkan kriteia dan pertimbangan tertentu tentang kemajuan belajar atau kemunduran siswa. Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan program telah tercapai (Gronlund, dalam Djaali dan ...
Komentar
Posting Komentar