Ruang Lingkup Tes, Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi
Dalam proses dan hasil belajar seorang guru akan selalu diperhadapkan dengan berbagai istilah evaluasi, penilaian, pengukuran dan tes. Istilah tersebut kadang membuat guru bingung dikarenakan kurangnya guru mempersepsikan evaluasi, penilaian, pengukuran dan tes sebangai suatu yang sama padahal makna dari keempat istilah tersebut sebenarnya berbeda.
- Tes merupakan instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, tes tersebut bisa berbentuk tes objektif seperti pilihan ganda.
- Pengukuran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur suatu objek.
- Penilaian adalah suatu proses yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengukur informasi tentang proses dan hasil belajar siswa dalam rangka membuat keputusan- keputusan berdasarkan kriteia dan pertimbangan tertentu tentang kemajuan belajar atau kemunduran siswa.
- Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan program telah tercapai (Gronlund, dalam Djaali dan Puji M 2008).
Contoh tersebut dapat memberikan gambaran singkat mengenai perbedaan antara tes, pengukuran, penilaian dan evaluasi pembelajaran, meskipun memiliki kesamaan antara satu dengan yang lain. Kedudukan tes, pengukuran, penilaian dan evaluasi dapat dilihat pada gambar berikut
Gambar : perbedaan antara ruang lingkup tes, pengukukuran, penilaian dan evalusi.
Gambar tersebut memberikan penjelasan bahwa ruang lingkup cakupan tes, pengukuran, penilaian, dan evaluasi. Dengan kesimpulan tes memiliki cakupan yang paling rendah, kemudian penilaian sedanglkan evaluasi memuat tes pengukuran dan penilaian.
Gambar tersebut memberikan penjelasan bahwa ruang lingkup cakupan tes, pengukuran, penilaian, dan evaluasi. Dengan kesimpulan tes memiliki cakupan yang paling rendah, kemudian penilaian sedanglkan evaluasi memuat tes pengukuran dan penilaian.
Komentar
Posting Komentar