Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran sosiologi

Dalam sistem pembelajaran sosiologi evaluasi salah Satu komponen Yang sangat penting untuk digunakan oleh seorang guru agar dapat mengetahui seberapa Jauh para peserta didik mampu memahami dan menguasai segala materi pelajaran yang diajarakan oleh guru sehingga dapat menjadi cerminan dalam menyempurnakan progrm dan kegitan pembelajaran. Agar proses evaluasi memberi manfaat yang besar bagi peserta didik maka sistem pengajaran hendaknya dilaksanakan setiap kali proses belajar mengajar dilakukan, ketika mengadakan evaluasi guru juga akan mengetahui letak kelemahan dan kelebihan dari setiap peserta didik, guru juga Harus mampu menerapkan prinsip-prinsip evaluasi kepada peserta didik.
Ketika seorang guru menerapkan prinsip-prinsip evaluasi kepada peserta didik, sebagai contoh pak Hasan adalah seorang seorang guru honor disalah Satu sekolah SMA Ia menerapkan banyak Prinsip evaluasi kepada peserta didik misalnya objektif, adil, terbuka, mendidik dan berkesinambungan. Bisa dikatan bahwa pak Hasan Selalu bersikap objektif kepada para peserta didiknya dan juga tidak membeda-bedakannya, Namun lebih menekankan kepada kompetensi dari peserta didik, adil dalam memberikan penilaian kepada peserta didik dan ia juga adil dalam Banyak hal Yang berkaitan dengan peserta didiknya, terbuka kepada peserta didik, mendidik agar dapat meningkatkan kualitas belajar peserta didik dan berkesinambungan, Pak Hasan menilai peserta didik secara bertahap, terencana, untuk memperoleh gambaran tentang peserta didik.
Aspek-Aspek penilaian yang dilakuakn seorang guru kepada peserta didiknya Ketika proses diskusi salah Satu aspeknya yaitu aspek kognitif (pengetahuan) sebagai seorang guru Kita Harus mampu melihat setiap kemampuan yang dimiliki setiap peserta didik Kita harus mampu mengarahkan pesert didik agar mampu mengembangkan kemapuan yang dimilikinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ruang Lingkup Tes, Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi