INSTRUMEN TES OBJEKTIF

AKTIVITAS MAHASISWA

1. Benar salah (True False Test)
    Contoh:
Dalam strategi pembelajaran sosiologi bisa digunakan strategi pembelajaran afektif, kontekstual(CTL), inquiri dan strategi pembelajaran kooperatif.
A. Benar
B. Salah
2. Tes menjodohkan (Matching Test)
    Contoh :
    Pernyataan :
1)    Teori pertukaran jaringan
2)   Teori pertukaran sosial
3)   Teori pertukaran makro dan mikro
4)   Teori ketergantungan integratif
5)   Teori ketergantungan kekuasaan
 Jawaban
a)    Cook O’Brien dan Kollock
b)   Markovsky
c)    Richard Emerson
d)   Peter M Blau

e)    George Casper Homans
3. Tes pilihan ganda (multiple choice test)
Contoh :
Evaluasi yang ditujukan untuk melihat proses pelaksanaan, mengenai kelancaran proses, kesesuaian dengan rencana, faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses pembelajaran yaitu….
a.      Input
b.      Autput
c.       Proses
d.      Autcome
e.       Selektif

4. Tes pilihan ganda Analisis hubungan antar hal
  Contoh :
Penduduk yang tinggal di daerah dataran tinggi bekerja sebagai petani, dan penduduk yang tinggal di daerah pantai bekerja sebagai nelayan. Sebab kenampakan alam lingkungan tempat tinggal mempengaruhi keadaan sosial budaya seperti mata pencaharian penduduk…
     a.   pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan sebab akibat.
     b.  pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan sebab akibat.
     c.  pernyataan benar, alasan salah
     d.  pernyataan salah, alasan benar.
     e.  pernyataan dan alasan salah
5. Tes pilihan ganda analisis kasus
Dika memiliki permasalahan dalam dirinya, gejala yang dialami dika adalah:
·         Kelesuan dan ketidak berdayaan malas, segan, kurang konsentrasi, acuh tak acuh, apatis, sikap jasmani kurang baik, mudah lupa, pusing-pusing, mual, mengantuk.
·         Penghindraan atau pelarian diri: absent dari sekolah, suka bolos, datang terlambat, tidak mengikuti pelajaran tertentu, tidak mengerjakan tugas, tidak mencatat pelajaran.
·         Penentangan: kenakalan, suka mengganggu atau merusak, tidak menyukai pelajaran atau kegiatan tertentu, mengkritik, berdalih.
·         Mencari kompensasi: mencari kesibukan diluar diluar pelajaran, mengerjakan tugas lain pada waktu belajar, mendahulukan pekerjaan yang tidak penting.
Soal:
Dari kasus diatas dapat disimpu;kan bahwa….
  a. Kasus Dika ini dapat dikategorikan.           kedalam kasus anak yang kurang  motivasi belajar
     b. Kasus dika dikategorikan kedalam anak       yang rajin belajar    
      c. Dika dikategorikan sebagai anak yang nakal
   d. Dika dikategorikan anak yang menderita autism
    e. Kasus dika dikategorikan kasus anak yang kuran perhatian dari orang tua.
   6. Tes pilihan ganda Asosiasi
Contoh:
Berikut macam-macam norma sosial:
1)      Norma adat istiadat
2)      Norma tata cara
3)      Norma hukum
4)      Norma kesusilaan dan tata kelakuan
Pernyataan manakah yang paling benar….
          a. Jika 1,2 benar
         b. Jika 1,2,3 dan 4 benar
         c. Jika 1,3 dan 4 benar
       d. Jika 4 dan 3 benar
       e. Jika  2,3 dan 4 benar
. Tes pilihan ganda Asosiasi
Contoh:
Berikut macam-macam norma sosial:
1)      Norma adat istiadat
2)      Norma tata cara
3)      Norma hukum
4)      Norma kesusilaan dan tata kelakuan
Pernyataan manakah yang paling benar….
a.       Jika 1,2 benar
b.      Jika 1,2,3 dan 4 benar
c.       Jika 1,3 dan 4 benar
d.      Jika 4 dan 3 benar
e.       Jika  2,3 dan 4 benar
7. Tes pilihan ganda dengan Diagram, Grafik, dan tabel.
contoh: 

  Berdasarkan diagram diatas kategori paling terjadi pada bulan....
a. januari 
b. Maret 
c. Februari
d. Mei
e. April




   
b.      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ruang Lingkup Tes, Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi