INSTRUMEN TES OBJEKTIF
AKTIVITAS MAHASISWA
1. Benar salah (True False Test)
Contoh:
Dalam
strategi pembelajaran sosiologi bisa digunakan strategi pembelajaran afektif, kontekstual(CTL),
inquiri dan strategi pembelajaran kooperatif.
A.
Benar
B.
Salah
2.
Tes menjodohkan (Matching Test)
Contoh :
Pernyataan :
1) Teori pertukaran jaringan
2) Teori
pertukaran sosial
3) Teori
pertukaran makro dan mikro
4) Teori
ketergantungan integratif
5) Teori
ketergantungan kekuasaan
Jawaban
a) Cook
O’Brien dan Kollock
b) Markovsky
c) Richard
Emerson
d) Peter
M Blau
e) George
Casper Homans
3.
Tes pilihan ganda (multiple choice test)
Contoh :
Evaluasi
yang ditujukan untuk melihat proses pelaksanaan, mengenai kelancaran proses,
kesesuaian dengan rencana, faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul
dalam proses pembelajaran yaitu….
a.
Input
b.
Autput
c. Proses
d.
Autcome
e. Selektif
4.
Tes pilihan ganda Analisis hubungan antar hal
Contoh :
Penduduk
yang tinggal di daerah dataran tinggi bekerja sebagai petani, dan penduduk yang
tinggal di daerah pantai bekerja sebagai nelayan. Sebab kenampakan alam lingkungan
tempat tinggal mempengaruhi keadaan sosial budaya seperti mata pencaharian
penduduk…
a. pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan sebab akibat.
b. pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan sebab akibat.
c. pernyataan benar, alasan salah
d. pernyataan salah, alasan benar.
e. pernyataan dan alasan salah
5.
Tes pilihan ganda analisis kasus
Dika
memiliki permasalahan dalam dirinya, gejala yang dialami dika adalah:
·
Kelesuan dan ketidak berdayaan malas,
segan, kurang konsentrasi, acuh tak acuh, apatis, sikap jasmani kurang baik,
mudah lupa, pusing-pusing, mual, mengantuk.
·
Penghindraan atau pelarian diri: absent
dari sekolah, suka bolos, datang terlambat, tidak mengikuti pelajaran tertentu,
tidak mengerjakan tugas, tidak mencatat pelajaran.
·
Penentangan: kenakalan, suka mengganggu
atau merusak, tidak menyukai pelajaran atau kegiatan tertentu, mengkritik,
berdalih.
·
Mencari kompensasi: mencari kesibukan
diluar diluar pelajaran, mengerjakan tugas lain pada waktu belajar,
mendahulukan pekerjaan yang tidak penting.
Soal:
Dari
kasus diatas dapat disimpu;kan bahwa….
a. Kasus
Dika ini dapat dikategorikan. kedalam kasus anak yang kurang motivasi belajar
b. Kasus
dika dikategorikan kedalam anak yang rajin belajar
c. Dika dikategorikan sebagai anak yang nakal
c. Dika dikategorikan sebagai anak yang nakal
d. Dika
dikategorikan anak yang menderita autism
e. Kasus
dika dikategorikan kasus anak yang kuran perhatian dari orang tua.
6. Tes pilihan ganda Asosiasi
Contoh:
Berikut
macam-macam norma sosial:
1) Norma
adat istiadat
2) Norma
tata cara
3) Norma
hukum
4) Norma
kesusilaan dan tata kelakuan
Pernyataan
manakah yang paling benar….
a. Jika
1,2 benar
b. Jika
1,2,3 dan 4 benar
c. Jika
1,3 dan 4 benar
d. Jika
4 dan 3 benar
e. Jika
2,3 dan 4 benar
.
Tes pilihan ganda Asosiasi
Contoh:
Berikut
macam-macam norma sosial:
1) Norma
adat istiadat
2) Norma
tata cara
3) Norma
hukum
4) Norma
kesusilaan dan tata kelakuan
Pernyataan
manakah yang paling benar….
a. Jika
1,2 benar
b. Jika
1,2,3 dan 4 benar
c. Jika
1,3 dan 4 benar
d. Jika
4 dan 3 benar
e. Jika
2,3 dan 4 benar
7.
Tes pilihan ganda dengan Diagram, Grafik, dan tabel.
contoh:
Berdasarkan diagram diatas kategori paling terjadi pada bulan....
a. januari
b. Maret
c. Februari
d. Mei
e. April
contoh:
Berdasarkan diagram diatas kategori paling terjadi pada bulan....
a. januari
b. Maret
c. Februari
d. Mei
e. April
b.
Komentar
Posting Komentar